Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Desa Rawaurip Yang Terkenal cukup Tua di Cirebon

kabupaten cirebon punya banyak sejarah magis, salah satu contohnya adalah adanya desa2 yang cukup tua dan memiliki keunikan terutama tentang daya magis dan adanya penyebaran agama islamnya. lalu ada apa di balik magisnya desa Rawaurip yang ada di pesisir cirebon itu??

Rawaurip dulu asal muasal desa tersebut berada di tepi sewah atau yang dikenal sekarang daerah sekip. Berawal dari sebuah kisah yang konon dulunya kurang kesejahteraan warganya dan kerap mengalami kematian yang mendadak warganya, lalu atas musawarah para tetua pindahlah padukuhan tersebut ke tempat yang di nilai cukup aman dan berawa.

dikenal dengan desa yang punya cukup banyak rawa-rawa yang cukup unik, ada sosok fenomenal yang cukup di kagumi oleh para sesepuh desa sampai saat ini. sosok tersebut iyalah sang penyebar kebenaran dalam agama islam ya itu Mbah Poncol.

Mbah Poncol merupakan sang maha guru yang tauladan bagi seluruh warga desa rawaurip pasalnya beliau diketahui umurnya melebihi sebelum masa jadi terbentuknya kota caruban yang berarti beliau lebih tua dan lebih dulu mengenal islam sebelum adanya kerajaan pajajaran.
mbah pocol merupakan sosok yang cukup sakti, beliau mempunyai keponakan yang bernama bapak langgen yang di kenal sekarang sebagai Kibuyut langgen.

Kibuyut langgen mewarisi semua ajaran dari tetua, dulu beliau dahulu dikenal si penakluk ke angkuhan yang konon menurut para sumber tetua desa, dahulukala ada seorang raja dari desa astana japura yang bernama pangeran amuk marugul yang dikenal cukup sakti dan dikenal juga jago dalam ilmu kidikjayaannya di taklukan dengan mudah oleh kibuyut langgen di sebuah rawa2 yang cukup amis dan sekarang di kenal tegalampes yang berarti apes untuk orang2 yang mau berbuat jahat pada padukuhan tersebut.

Dulu konon katanya tegal amis yang sekarng menjadi tegalampes itu sebuah rawa2, itu adalah sebuah kerajaan yang di pimpin oleh pangeran welang.

Singkat cerita menurut sumber para tetua masuklah utusan dari keraton kasepuhan yang bernama mbah kholifah, Guna mengatur kedaulatan dan menata tatanan padukuhan yang dibentuk. Dan Mbah kholifah wafat kemudian di makamkan di sebelah timur Gapura desa Rawaurip, sementara mbah Langgen dan Kibuyut poncol di makamkan di sebelah timur padukuhan Rawaurip.

Demikian sedikit ulasan dan sejarah tentang desa Rawaurip yang di kenal desa paling Tua di wilayah kabupaten Cirebon,

Mohon mf apabila ada sedikit kesalahan dalam mengulas sehajarah desa tersebut, apabila ada kekeliruan silahkan sampaikan dalam kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Kritik dan saran kami terima sebagi Reffrensi.





Post a Comment for "Sejarah Desa Rawaurip Yang Terkenal cukup Tua di Cirebon"